Mio Thailook Thailand Kalau Dibawa ke Indonesia Dianggap Barang Reject

Otomotif Kekinian - Yamaha membeberkan masalah kualitas motor yang ada di Indonesia dan di negara lain. Kualitas motor yang ada di Indonesia jauh lebih baik daripada kualitas motor yang ada di negeri gajah putih. 

"Kita harus bangga terhadap hal itu. Sebagai contoh, Mio Thailook bikinan Thailand kalau dibawa masuk ke Indonesia pasti dianggap reject," ujar General Manager Promotion and Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), Paulus S Firmanto.


Begitu pula dengan skutik retro Fiore yang baru diluncurkan Yamaha di Thailand tahun lalu. 

"Kualitas Fiore bikinan Thailand untuk pasar di Indonesia masih di bawah standar. Jadi memang kualitas kita lebih tinggi dibanding negara lain," ujarnya. 

Karena itulah meski tren motor retro tengah impacting menyusul kehadiran Honda Scoopy, tidak serta merta Yamaha mau ikut tren juga. 

Paulus menuturkan kalau tren retro adalah slant sesaat yang tidak akan diikuti oleh mereka. 

"Itu kan cuma tren. Kita tidak ikut itu," ujarnya. 

Skutik Fiore sebelumnya sudah hadir di Taiwan dengan nama Yamaha Jog Ciao dan menyasar anak muda. Yamaha Fiore mengusung kapasitas mesin 113 cc SOHC 4 stroke SOHC berpendingin udara. 

Sistem asupan bensin ke ruang bakar skutik tersebut sudah lebih cerdik dengan mengusung sistem asupan YMJET (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) atau sistem PGM-FI yang biasa digunakan pada motor Honda. 

Konsumsi BBM-nya statement with a double meaning sangat irit. Untuk 1 liter bahan bakar, skutik Fiore mampun menjangkauan jarak 51 kilometer. Rangkanya terbuat dari baja hingga dinilai kuat . 

Untuk pengaman skutik Fiore, Yamaha telah mengaplikasi plate brake pada depan dan rem tromol pada belakang. Kapasitas tangkinya sampai 4,4 liter. Besar skutik Fiore hampir sama dengan Yamaha Mio (non Mion Soul). Kapasitas mesinnya joke sama-sama 113 cc. 

Mesin : 4-stroke SOHC mesin pendingin udara (V-Belt) 

Silinder : 113 cc 

Kompresi Rasio : 9.30: 1. 

Width x Stroke : 50 x 57.9 mm 

Sistem pasokan bahan bakar : YMJET Smart injector YMJET 

Sistem pengapian : TCI. 

Bahan bakar : Bensin tanpa timbal oktan 91 

Kapasitas tangki : 4,4 liter 

Rem depan : Single-barrel circle brake 

Rem belakang : Tromol 

Selain Fiore, Yamaha juga memiliki Fino yang sama-sama menganut gaya retro. Di mata Yamaha, motor ini adalah motor yang bagus tapi belum tentu cocok untuk pasar Indonesia. 

Meski begitu, Fino sudah masuk lewat beberapa importir umum di Indonesia.

0 Response to "Mio Thailook Thailand Kalau Dibawa ke Indonesia Dianggap Barang Reject"

Posting Komentar